Rabu, 20 November 2013

Selimut Bayi


Doakan saya bisa menyelesaikannya tepat waktu...


Tosca & orange


Tas Kardus

Kardus bekas dipotong-potong sesuai pola.
Kemudian disambung dengan lem fox dan bantuan staples (agar sambungan tidak lepas saat lem belum kering).
Ditempel kertas kado biar cantik...
Diberi lubang di bagian samping untuk dipasang tali (dari benang super bulky yang dikepang).
Ditempel hiasan bunga dari benang yang diuwel-uwel, ditaburi mutiara aneka warna.

Jadinya seperti ini :






Rabu, 09 Oktober 2013

Pinguin

Mainan untuk anak-anak sore ini, pinguin. Dibuat dari kalender bekas, dilapis kertas origami, digulung. Kemudian ditempel kaki, sayap, mata & paruh.
Hasilnya seperti ini...





Semoga anak-anak suka...



Stamp


Belajar membuat stempel dari karet penghapus...


 apel??   

alat & bahan





Jumat, 27 September 2013

My Very First Finished Knitting Project

Belajar knitting sudah sejak lama tapi nggak ada satupun yang selesai menghasilkan barang 'jadi'. Selalu berakhir dengan bongkar dan gulung benang (hiks!).

Akhirnya, selesai 'cuti' berkreasi memantapkan hati : pokoknya kali ini harus jadi! Lalu dipilihlah pola ini. Kata penulisnya simpel, tapi buatku masih rumit-mit-mit terutama saat benangnya lepas dari jarum trus mau dikaitin lagi itu sussssaaaaah. Bisa bongkar dan mulai dari awal lagi.

Well, akhirnya selesai juga proyek imut ini. Yeay, Alhamdulillah...

My very first finished knitting project

Daur Ulang Styrofoam

Dari styrofoam bungkus makanan bisa dibuat bunga yang cantiiik. Cara membuatnya juga mudah, hanya butuh sedikit ketelatenan.

styrofoam (gambar dari sini)
Bahan & alat:
Styrofoam bungkus makanan atau apalah, dicuci bersih, dikeringkan
Lem lilin (karena nggak ada, saya menggunakan lem fox)
Pensil/ballpoint untuk menggambar pola
Gunting/cutter

Cara membuat :
Gambar kelopak bunga di styrofoam seperti pola di bawah ini. Gunakan bagian styrofoam yang melengkung agar hasilnya lebih bagus(bagian pinggir alas/tutup).
Pola kelopak bunga

bagian yang ditunjuk dengan anak panah untuk membuat kelopak bunga

Kemudian potong dengan menggunakan gunting atau cutter. Buat 10 kelopak besar dan 20 sampai 25 kelopak kecil.
Potong juga bentuk lingkaran dengan diameter kurang lebih 2 cm di styrofoam bagian yang datar untuk membuat dasar bunga.

Saatnya merangkai kelopak bunga...
Beri sedikit lem lilin pada dasar bunga yang berbentuk lingkaran, tempelkan satu persatu kelopak bunga kecil memutar dari bagian tengah. Sedikit lem, tempelkan, sedikit lem, tempelkan. Begitu setrusnya. Untuk bagian terluar, tempelkan kelopak bunga besar.
Karena saya menggunakan lem fox yang lama keringnya, saya langsung menggunakan kurang lebih 1 sendok makan lem di atas dasar bunga. Baru kemudian kelopak bunga  saya tancapkan satu persatu. Kalau lemnya sedikit, nggak bisa ditancapkan, bunganya mleyat-mleyot deh... Setelah itu biarkan kering...(karena lemnya teballll, bisa seharian keringnya)

dari bawah...
  
dari atas...
Setelah kering, siap dirangkai jadi karangan bunga, tempel di pigura, hiasan kulkas, dan sebagainya...
Nggak recommended untuk bros lho ya... Styrofoam gampang patah kalau sering2 ditekan saat membuka peniti bros.
Maaf nggak ada foto tiap-tiap langkahnya. Semoga tulisan ini menginspirasi...

Selamat mendaur ulang dan berkreasi...



Selasa, 10 September 2013

Nggak Ada yang Baru

Memang lagi nggak bikin apa-apa. Ceritanya lagi cuti dari dunia merajut & kerasi lainnya. Semoga bisa kembali berkreasi setelah hampir 4 bulan tanpa karya(ternyata sudah lama sekali.....).
Doakan saiya ya teman-teman!


Jadi, ketimbang sepi saya posting gambar saja. Hasil corat-coret gak jelas di Microsoft Paint (semua komputer yang pake windows punya kalo gak salah).



jasmine

landscape (atau gubug reyot???!)

Blue rose





Eh, ini termasuk hasil karya bukan ya..?

Jumat, 07 Juni 2013

Craft Swap IIHC

Ikutan craft swap-nya Ibu-Ibu Hobi Craft, saya membuat ini :

cempal buatanku

Sebagai balasannya, saya mendapatkan ini dari mbak Ila. Thank you.....
 
cempal hati :)  







Membuat Ikat Rambut


Bahan & alat :
Karet gelang, didobel biar kuat
Benang katun warna-warni
Hakpen
Gunting

Pola :
1. Sc mengelilingi karet gelang sampai penuh;
2. 3 dc di tiap-tiap sc;
3. 2 sc di tiap-tiap dc;


Hanya 3 baris, mudah sekali membuatnya...

Senin, 20 Mei 2013

Hats, hats and hats...

Masih tentang topi... Dapat pesanan topi dari teman. Yang pertama slouchy hat biru dengan pita warna merah marun.


tampak pita

tampak dari atas

I love the ribbon


Kemudian topi putih dengan korsage bunga dan daun yang cerah ceria :)

topi berbunga-bunga

korsage/rangkaian bunga
sedikit blink-blink di bunga warna hot pink
 Kemudian topi dengan pita jumbo ini, minta pakai warna hijau yang sama :

hijaunya segar...

big bow


nice look...!

Semua memakai benang softy cotton big ply, sedikit polyester dan sedikit akrilik dan katun akrilik.

Senin, 29 April 2013

Topi strip

stripped earflap hat
Earflap hat, topi yang ada tutup kupingnya. Meski di Indonesia panas, boleh dong bikin topi model beginian. Tetep lucu kok...
Pake benang polyester yang lembuuttt... warna biru gak sampai segulung, dan sedikit warna merah, pink & maroon (saya memanfaatkan benang sisa proyek yang lalu). Bikinnya suka-suka, gak pake pola.

Topi lagi...

earflap hat
Senengnya bikin topi untuk anak-anak : cepet selesai dan modelnya lucu-lucu! :D
nemu polanya di internet. Sayang, aku g bisa baca link-nya. Soale pake tulisan cina yan kriting-kriting bentuknya.
Pake bengan katun akrilik, hampir 4 gulung @ 50 gr masing-masing warna 2 gulung.

Kamis, 04 April 2013

My Next Project : Kniting Scarf


Ceritanya lagi belajar kniting, merajut dengan 2 jarum atau sering disebut breien. Susaaaah, tapi sama menyenangkannya dengan hakken.
Setelah bongkar rajut beberapa kali selama seminggu, jadilah ini :

Ini baru 10 cm....          









Pola dari sini.

Flowery Grocery Bag




Untuk temen kantor yang belajar merajut. Dasarnya beliau yang bikin, seterusnya saya.Polanya ngarang sendiri. Gampang dan cepat selesai karena motifnya bolong-bolong.

Jumat, 08 Maret 2013

Tas




bagian dalam

Pake benang akrilik exoellia habis 1 pak isi 4 gulung, bunganya dari benang katun lokal. Pola tas dari sini. Pola bunga dari rakunten, nyari linknya gak ketemu.

Sony Xperia J Softcase





 Pesenannya Lekmi.

Bagian belakang pake benang katun bali(kalo gak salah). Bagian edging dan hiasan pake benang rayon parkit.





Rabu, 20 Februari 2013

Welcome!

Ini bukan tulisan yang biasa tertera di atas keset dari sabut itu lhooo..., yang sering diletakkan di depan pintu. Tapi ucapan selamat datang untuk alat ini :


Mesin jahit pertamaku

Alhamdulillah bisa berinvestasi membeli mesin ini. Pengiiin banget punya mesin jahit dari dulu-dulu. Tapi masih ragu-ragu buat beli. Setelah menabung dan memantapkan hati (termasuk dikomporin Mbak Ayu, sesama pecinta merajut yang baru beli mesin jahit) dibawa pulanglah si penyanyi ini(mereknya singer sih...). Trims kuucapkan untuk Pak Ayah yang mau merekomendasikan mesin jahit ini dan mengantar sampai ke toko sampai pulang lagi selamat sampai di rumah. :D Pokoknya love u deh! Tuu.. boleh ikut njahit juga kok. :D :D :D
Masih belajar sebenarnya, baca buku manualnya, utak-atik masang benang, nyoba pola jahitan. Kapan njahitnya kalo gitu...... -_-

Bolero



Ini polanya gratis dari sini.
Dari pertengahan bolero ke atas ngikutin pola, ke bawah dimodif sendiri. Pola Tusukannya sama sih, cuma di balik aja terus ditambahin beberapa baris sc di tengah-tengah maksudnya biar nampak seperti pita. Edging-nya juga gak ngikutin pola.
Sebenarnya gak mau modif-modifan pola, tapi benang ungu polosnya habis.Satu gulung benang katun 100 gr gak cukup sodara-sodara... Mau pesen lagi ternyata di penjualnya juga dah habis warna itu. Jadinya disambung benang sembur ungu-pink yang sebetulnya warna ungunya nggak sama. Trus, benang sembunya habis, disambung lagi benang polos pink (lagi-lagi warnanya juga gak sama).
Alhamdulillah, selesailah bolero kira-kira hybrid ini...
:D

Topi (lagi)







 
Mau pake sandal sendiri...


Sudah lama bikinnya tapi cuma disimpen saja. Biasanya Mutia gak mau pake topi, tapi karena hari itu lupa ga bawa kerudung, maulah dia dipakein topi.
Itu bajunya yang bikin waktu itu lhooo... Ternyata masih muat sampai sekarang :D

Jumat, 01 Februari 2013

Bunga Kertas

Yak, kali ini bukan tentang benang dan merajut tapi tentang kertas bekas...
ini bunga apa yaaa? pas gogling nemu tutorialnya trus nyoba bikin...

kertas digunting bulat spiral trus digulung. ... bingung ya?


dipasang daun dan tangkai (dari kertas juga)

Vasnya dibuat dari kertas kalender bekas yang digulung & ditempel kertas hijau, Hiasan pinknya itu aslinya sisa guntingan kertas untuk mawar yang belum digulung, buat nutupin sambungan :D

Ditambah guntingan kertas panjang-panjang warna hijau, biar rame!

Produk tambahan, mainan kupu-kupu...



Bunganya diambil Hamzah, dituker sama kupu-kupu.. -_- !